Selasa, 09 April 2013

Warna Memberi Berjuta Arti

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya tersebut (wikipedia). Warna adalah merah, kuning, hijau, biru, hitam, putih, jingga, dll.
Warna bisa memberikan rasa, warna dapat meningkatkan selera, warna dapat mempengaruhi emosi seseorang, itulah warna yang mempunyai berjuta arti (tergantung yang memaknainya).

Warna dalam hidup, adalah manusia yang berwarna hitam dan putih awal yang aku tahu. Warna, begitu banyak warna yang ada di dunia ini mungkin aku tidak bisa menyebutnya satu per satu. Aku mengenalnya, dua warna hitam dan putih. Hitam dengan kepekatannya dan begitu juga putih dengan kepekatan yang sama kuat. Aku berfikir, bukankah tidak adil jika hanya ada dua warna sedangkan masih banyak warna diluar sana.


Mengapa hitam ? Mengapa Putih ?
Hitam, banyak orang mengartikan hitam adalah buruk, misterius, mistik, negatif, gelap, menyeramkan, namun sebagian berpendapat hitam adalah warna elegan. Begitu juga putih, banyak yang mengartikan tentang kesucian, bersih, atau bahkan kebaikan (lebih banyak ke hal yang baik).

Ada apa dengan dua warna itu ?
Mengapa hanya ada dua warna ? Bukankah masih banyak warna ?

Iya
Memang benar
Dan dalam hidup aku, kamu, kalian, mereka dan semua orang bebas menentukan warna, bebas memilih warna bahkan mewarnai hari - hari. Sesuka kalian apapun pilihan warna itu.
Tapi bukankah tidak cukup hanya dua warna ? Bukankan akan tampak lebih indah bila warna - warna itu bersanding dan saling memberikan indah pada dasar - dasar kehidupan ?. Memang indah bahkan terlihat begitu menawan. Dan apa sesungguhnya yang tidak berwarna ? Jika Putih adalah salah satu bagian dari warna ?

Apa yang tidak berwarna ?
Apa Aku, Kamu, Kalian dan Mereka Pernah berfikir ?
Sekarang aku sedang berfikir ?

Ehm
Apa itu transparan ?
Apa itu kosong ?
Apa itu bagian yang tidak berwarna ?
Apa itu ? Apa itu ? Apa itu ?
Aku BINGUNG !

Tapi mengapa banyak yang mengartikan TIDAK BERWARNA itu PUTIH ?

Dan janganlah pilih yang tidak berwarna, pilihlah yang memiliki warna sesuai hatimu, sesuka hatimu, dan itu warna. Coba bayangkan, selembar kertas berwarna putih itu (aku tidak menyebutnya tidak berwarna). Jika hanya ada satu warna maka hanya ada satu arti. Apa yang akan kamu lakukan saat melihat putih ?
- sialau
- menutup mata
- terdiam
- atau berfikir

Jika aku melihat warna putih, aku berjanji akan tersenyum. Tersenyum dengan bahagia dan kemudian berlari mendekat memeluknya hingga terjadi percampuran warna putih dengan warnaku. Aku senang melakukan itu !
Dan jika pandanganku belum berpaling, aku akan membawa warna - warna yang lain untuk ikut memeluk dan membiarkan semua warna itu bercampur, berpadu, membentuk  keselarasan yang bila dipandang akan membawa kebahagiaan bagi Aku, Kamu, Kalian dan Mereka.

Itulah arti warna, itu warna yang mencerminkan perbedaan, itulah warna yang menyejukkan mata pemandang. Iya aku bahagia menyebut berbagai warna dan aku tertawa. Warna pembawa kebahagiaan, warna pembawa keharmonisan, warna akan semakin indah jika Aku, Kamu, Kalian, Mereka tetap mempertahankan warna masing - masing dan tetap berbaur membentuk sebuah keselarasan yang menyejukkan bagi Aku, Kamu, Kalian, Mereka dan seluruh dunia.


CoLor Bring Peace Not Strife !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar